Sony Xperia XZ1 vs Google Pixel 2: RAM 4 GB, kamera 19MP dan…>

Xperia XZ1 vs Pixel 2 adalah pertarungan dua smartphone dari dua produsen yang berasal dari dua benua berbeda. Keduanya dibekali berbagai spesifikasi terbaik yang ada saat ini. Namun, mana yang lebih unggul?

Sony Xperia XZ1 vs Google Pixel 2 – Perbandingan spesifikasi

Perlu diketahui bahwa Google Pixel 2 hadir dalam dua varian memori internal yaitu 64 GB dan 128 GB. Dalam artikel ini, hanya varian ROM 64 GB yang kami libatkan untuk melawan Sony Xperia XZ1. Mari kita mulai. Performa keduanya cukup berimbang karena sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Lalu, Sony Xperia XZ1 dan Google Pixel 2 adalah dua di antara smartphone lainnya yang lahir dengan langsung menjalankan Android 8 Oreo.

Terkait media penyimpanan, kedua smartphone ini memiliki memori internal 64 GB. Namun, hanya Sony Xperia XZ1 yang dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas memori internalnya. Lebih lanjut, kedua smartphone ini juga memiliki perlindungan terhadap air dan debu namun dengan sertifikasi yang berbeda: IP68 (Sony) vs IP67 (Google). Untuk sistem keamanan, keduanya juga dibekali pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: di tombol power (Sony) vs di sisi belakang (Google). Yang terakhir, keduanya juga sama-sama ditenagai baterai 2700 mAh.

Sony Xperia XZ1 vs Google Pixel 2

Dua perbedaan utama dari Sony Xperia XZ1 dan Google Pixel 2 adalah layar dan baterai. Sony Xperia XZ1 hadir dengan layar IPS LCD berukuran 5,2 inci, sedangkan Google Pixel 2 berlayar AMOLED dengan ukuran 5 inci. Meski berbeda, resolusi keduanya Full HD. Selanjutnya terkait kamera. Sony Xperia XZ1 memiliki kamera utama 19 MP (video slow motion dengan 960 gambar per detik) dan kamera depan 13 MP. Di sisi lain, Google Pixel 2 hadir dengan kamera utama 12,2 MP dan kamera depan 8 MP. Meski resolusinya lebih rendah, kamera utama Pixel 2 menjadi kamera smartphone terbaik di dunia dengan nilai 98 poin pada DxOMark. Sementara itu, kamera utama Xperia XZ1 yang identic dengan kamera utama Xperia XZ Premium hanya meraih nilai 83 poin.

Dari perbandingan spesifikasi di atas, terlihat jelas bahwa keduanya bersaing ketat dalam hal spesifikasi. Bagaimana dengan harganya? Ternyata, Google Pixel 2 dengan kamera terbaik di dunia ditawarkan dengan harga $649 (Rp 8,7 juta), lebih murah dari Sony Xperia XZ1 yang berharga $699 (Rp 9,4 juta). Meski lebih mahal, ketersediaan slot kartu microSD dan dua kamera dengan resolusi lebih tinggi menjadi nilai tambah dari Sony Xperia XZ1. Nah, mana yang lebih kalian sukai, Sony Xperia XZ1 atau Google Pixel 2?