Sony Xperia XZ Premium vs Apple iPhone 7 Plus: Perang Smartphone Berkamera Impresif

Mendengar kata Sony dan Apple, kita langsung berpikir smartphone dengan kamera fantastis serta harga yang mahal. Nah, pada artikel ini, mari kita bandingkan smartphone terbaik dari tiap produsen tersebut hingga saat ini, yaitu Sony Xperia XZ Premium vs Apple iPhone 7 Plus.

Sony_Xperia_XZ_Premium-3View-e1493860408199

Sony Xperia XZ Premium vs Apple iPhone 7 Plus – Spesifikasi

Mari kita mulai perbandingan ini dengan membahas performanya. Nah, tiap smartphone ini ditenagai chipset tertangguh dari Qualcomm dan Apple. Xperia XZ Premium dibekali Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB, sedangkan iPhone 7 Plus dibekali Apple A10 Fusion quad-core 2,34 GHz dan RAM 3 GB. Meskipun dengan RAM 3 GB, performa smartphone Apple tersebut masih mampu bersaing dengan smartphone Android tertangguh. Selain itu, sistem operasi yang dijalankan tiap smartphone juga yang terbaru: Android 7 Nougat (Sony) vs iOS 10 (Apple).

Pada bagian depan, terdapat layar berukuran 5,5 inci pada tiap smartphone. Namun, layar Xperia XZ Premium beresolusi Ultra HD (4K), sedangkan layar pesaingnya Full HD. Tentunya layar smartphone Sony tersebut mampu menampilkan gambar yang lebih tajam dan jelas. Keduanya juga dibekali pemindai sidik jari namun terletak pada posisi berbeda: tombol power (Sony) vs tombol home (Apple). Tak hanya itu, keduanya juga kedap terhadap air dan debu namun dengan sertifikasi yang berbeda: IP68 (Sony) vs IP67 (Apple).

iPhone7Plus-JetBlk-34BR-LeanForward_PR-PRINT

Untuk keperluan penyimpanan data, Xperia XZ Premium hanya menawarkan memori internal 64 GB saja, sedangkan iPhone 7 Plus hadir dalam tiga pilihan memori internal: 32 GB, 128 GB, serta 256 GB. Ya, meskipun lebih banyak pilihan, kapasitas memori internalnya tidak dapat ditambah karena tidak didukung slot microSD card, sedangkan smartphone Sony memiliki fitur tersebut. Dalam hal sumber energi, Xperia XZ Premium ditenagai baterai 3230 mAh, lebih besar dari baterai pesaingnya yang berkapasitas 2900 mAh.

Nah, hal paling menarik yang perlu diperhatikan adalah kemampuan fotografi. Kamera utama Xperia XZ Premium beresolusi 19 MP dan dibekali berbagai fitur terbaik seperti Predicted Hybrid Autofocus, triple image sensing technology, anti distortion, serta SteadyShot mode. Kamera ini memiliki kemampuan perbesaran digital hingga 8 kali serta merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 13 MP. Di sisi lain, terdapat dua sensor kamera pada sisi belakang iPhone 7 Plus, terdiri dari sensor 12 MP (f/1.8) dengan jangkauan sudut lebar serta sensor telephoto 12 MP (f/2.8). Kombinasi keduanya menghasilkan kemampuan perbesaran optik 2 kali dan perbesaran digital 8 kali. Untuk berfoto selfie, terdapat kamera depan 7 MP yang didukung retina flash.

Sony Xperia XZ Premium vs Apple iPhone 7 Plus

Sony Xperia XZ Premium vs Apple iPhone 7 Plus – Cocok untuk penggila smartphone

Sangat jelas bahwa kedua smartphone ini memiliki berbagai spesifikasi terbaik yang ada saat ini. Dengan performa tangguh serta kamera mutakhir, keduanya tentu menjadi idaman kita semua. Bagaimana dengan harganya? Sony Xperia XZ Premium kabarnya sudah dapat dipesan dengan harga bervariasi tergantung negara, namun berkisar $830 (Rp 11,2 juta). Di sisi lain, Apple iPhone 7 Plus sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 14 juta, Rp 15,8 juta, serta Rp 17,7 juta berturut-turut dari varian terendah hingga tertinggi. Bila smartphone Sony tersebut sudah hadir di Indonesia, mana yang akan kalian pilih, Sony Xperia XZ Premium ata Apple iPhone 7 Plus?