Smartphone Terbaik untuk Berfoto Selfie – Galaxy S6 vs LG G4 vs iPhone 6 vs One M9 vs Xperia Z3 vs Note 4 vs Nexus 6

Kata “Selfie” sangat populer dan banyak gidunakan di masyarakat saat ini. Kata tersebut bahkan tidak dikenal 10 tahun yang lalu. Berfoto selfie sudah menjadi tren banyak orang dan menjadi fenomena di lingkungan sekitar kita saat ini. Sebuah survei yang dilakukan oleh Samsung menemukan bahwa lebih dari sepertiga jumlah foto-foto yang dipotret oleh remaja Inggris berusia 18 – 24 tahun adalah foto selfie. Data dari Survei tersebut juga mengungkap orang Inggris memotret foto rata-rata sekitar dua miliar foto per bulan, sehingga setiap bulan ada sekitar 700 juta foto selfie di antara foto-foto tersebut dalam 30 hari.

Kata “Selfie menjadi yang terpopuler di Oxford English Dictionary pada tahun 2013

Kebiasaan berfoto selfie tidak hanya dilakukan oleh penduduk yang berusia muda. Presiden Obama juga berfoto selfie. Ellen DeGeneres berfoto selfie dengan actor-aktor lainnya seusai aca piala Oscars tahun 2014. Tanpa Anda sadari, Anda juga sering melakukan foto selfie dengan orang tua Anda. Kata “Selfie” kini sudah dikenal banyak orang. Tidak mengherankan jika majalah Time menempatkan kata tersebut dalam daftar kata paling sering digunakan pada akhir tahun 2012. Bahkan kata tersebut juga dimasukkan ke dalam Oxford Dictionary dan dinobatkan sebagai “Word of the Year” pada tahun 2013.

Apa yang diandalkan oleh para penggemar berfoto selfie tersebut? Smartphone tentunya.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas produk smartphone dari berbagai merek yang telah dilengkapi fitur terbaik untuk berfoto selfie. Saat ini, para produsen smartphone terus mengembangkan teknologi kamera selfie pada produk-produk smartphonenya yang kini dilengkapi kamera depan yang semakin baik dan canggih. Berikut ini adalah spesifikasi kamera depan dari beberapa smartphone yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Resolution Video Features
Galaxy S6 5MP 1440p@30fps Beauty shot, Dual camera, Face detection, Virtual shot, Effects, HDR, Selfie panorama, Effects, Animated GIF, Sound & shot, Interval shot
LG G4 8MP 1080p@30fps Beauty shot, Burst shot, Gesture shot, Cheese shutter, HDR, “Flash” mode, Dual camera/Dual video recording
iPhone 6 1.2MP 720p@30fps Burst shot, Face detection, Effects
HTC One M9 4MP 1080p@29fps Beauty face, Voice Selfie, Auto Selfie, Face detection, HDR, Portrait mode
Xperia Z3 2.2MP 1080p@29fps Beauty shot, Burst shot, Face detection, Dual camera, Smile shutter, Image stabilization, HDR, Sound Photo, Effects, AR effects, Soft skin effect
Galaxy Note 4 3.7MP 1440p@29fps Beauty shot, Burst shot, Dual camera/Dual video recording, Selfie panorama, Sound & Shot, Voice shutter, Exposure correction
Nexus 6 2MP 1080p@30fps Lens Blur, Exposure correction

 

Luas jangkauan kamera

Dari seluruh smartphone tersebut, hanya ada 2 smartphone yang dilengkapi fitur panorama untuk kamera selfienya. Kedua smartphone tersebut berasal dari Samsung, yaitu Galaxy Note 4 dan Galaxy S6. Kamera selfie dengan luas jangkauan yang sempit tentu akan menghalangi Anda untuk berfoto selfie dengan jumlah orang yang lebih banyak. Oleh karena itu, smartphone dengan kamera selfie yang memiliki jangkauan yang lebih luas akan lebih unggul.

Best-selfie-phone-Field-of-View-chart
Pada gambar di atas, setiap persegi panjang dengan warna yang berbeda-beda memberikan gambar luas jangkauan kamera selfie dari masing-masing smartphone. Ilustrasi ini tidak 100% sesuai dengan keadaan sesungguhnya.

Kita melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui rasio gambar yang dihasilkan tiap kamera selfie tersebut. Hanya dua smartphone yang menghasilkan foto dengan aspek rasio 4:3, yaitu Galaxy S6 dan iPhone 6: sedangkan smartphone lainnya menghasilkan foto dengan aspek rasio 16:9. Perlu diketahui bahwa aspek rasio suatu gambar tidak berarti sama dengan luas jangkauan gambar tersebut. Nexus 6 adalah smartphone dengan kamera selfie yang luas jangkauannya cukup sempit dan ini merupakan salah satu kelemahan dari Nexus 6.

Tingkat cahaya yang terang

The best selfie phone: Galaxy S6 vs LG G4 vs iPhone 6 vs One M9 vs Xperia Z3 vs Note 4 vs Nexus 6

Pada setiap kamera, bila objek yang akan dipotret berada di tempat dengan cahaya yang terang atau cukup, maka akan menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, begitu pula dengan kamera depan smartphone. Sebagian besar smartphone di atas memiliki kemampuan yang luar biasa.

Pada Galaxy S6, selain foto yang dihasilkan memiliki tingkat kejernihan yang sangat baik dan terlihat dinamis, gambar tersebut juga terlihat halus dan warna yang menarik meskipun tanpa menggunakan Beauty mode. Foto selfie yang dipotret dari HTC One M9 memiliki kualitas yang luar biasa. Selain foto terlihat dinamis, dengan menggunakan bokeh effect yang hanya terdapat pada One M9, objek utama terlihat lebih menonjol dan menarik.

Di sisi lain, meskipun tidak mempunyai kamera depan yang impresif, namun iPhone 6 ingin menunjukkan bahwa nilai pada peringkat kualitas kamera selfie di atas tidaklah terlalu penting. Gambar yang dihasilkan oleh kamera selfie tampak dinamis dan menarik serta dapat diatur tingkat temperatur warnanya.

Selain iPhone 6, Nexus 6 dan Xperia Z3 juga mempunyai kamera selfie yang kurang baik dibandingkan pesaingnya. Foto yang dihasilkan dengan Nexus 6 kurang dinamis dengan warna yang kurang menarik serta tingkat ketajaman gambar yang kurang baik. DenganXperia Z3, foto yang dihasilkan bahkan lebih buruk, foto terlihat sedikit berwarna ungu dengan tingkat ketajaman dan warna yang sangat tidak memuaskan.

 

Tingkat cahaya yang redup atau kurang

The best selfie phone: Galaxy S6 vs LG G4 vs iPhone 6 vs One M9 vs Xperia Z3 vs Note 4 vs Nexus 6

Berfoto di tempat dengan pencahayaan yang kurang atau redup dengan menggunakan kamera smartphone sudah pasti tidak akan memberikan hasil foto yang berkualitas, baik menggunakan kamera utama maupun kamera depan. Dengan spek kamera depan yang lebih rendah dari kamera utama, sudah pasti gambar yang dihasilkan akan lebih buruk. Lebih lanjut, Sore dan malam hari juga merupakan waktu yang disukai banyak orang untuk berfoto selfie.

Pada kategori ini, urutan smartphone dengan kualitas foto selfie terbaik akan berubah dibandingkan dengan kategori sebelumnya. Pada posisi teratas terddapat LG G4 yang memiliki kamera depan beresolusi 8 MP. Kamera tersebut cukup bisa diandalkan untuk berfoto di tempat dengan pencahayaan yang kurang, namun tingkat kejernihan dan warna gambar tidak terlalu baik. Meskipun foto yang dihasilkan memiliki banyak noise, namun demikian LG G4 bisa dikatakan cukup baik gidunakan untuk berfoto di tempat yang pencahayaannya tidak maksimal karena dilengkapi oleh satu fitur rahasia yaitu “pseudo flash”, yang dapat mengubah layar menjadi berwarna pink hingga putih bila tingkat kecerahan layar diatur hingga tingkat maksimal.

Setelah LG G4, smartphone lainnya dari urutan kedua hingga kelima adalah Galaxy S6, One M9, iPhone 6, dan Galaxy Note 4. Nexus 6 dan Xperia Z3 kembali menempati posisi terbawah. Gambar yang dihasilkan kedua smartphone tersebut tidak memuaskan karena terlihat buram, banyak bintik-bintik, serta kurang menarik dengan tingkat kejernihan dan kualitas warna yang buruk.

Kesimpulan

The best selfie phone: Galaxy S6 vs LG G4 vs iPhone 6 vs One M9 vs Xperia Z3 vs Note 4 vs Nexus 6

Setelah menganalisis kemampuan kamera selfie dari masing-masing smartphone di atas, maka ada beberapa kesimpulan yang dapat diambil. Pertama, semua produsen dari smartphone tersebut akan tetap melakukan pengembangan pada teknologi kamera depan, meskipun fitur ini tidak menjadi perhatian utama para konsumen untuk menentukan pilihan ketika ingin membeli smartphone baru, namun smartphone dengan kamera depan yang berkualitas akan menjadi nilai tambah.

Para produsen seperti Samsung, HTC, dan LG tampaknya akan terus berusaha untuk membekali smartphone produksinya dengan teknologi kamera selfie yang muktahir. Galaxy S6 sangat bisa diandalkan untuk berfoto selfie di tempat terang maupun redup, One M9 dibekali fitur bokeh effect, serta LG G4 yang sangat handal digunakan untuk berfoto di tempat dengan pencahayaan yang kurang. Kualitas kamera iPhone 6 berada di atas Galaxy Note 4.

Namun demikian, tidak semua produsen smartphone berfokus untuk melengkapi smartphonenya dengan kamera selfie yang berkualitas, seperti Sony dan Google (Motorola). Harus diakui kamera selfie dari kedua merek smartphone tersebut pada perbandingan ini tidak memberikan kualitas yang memuaskan. Smartphone Nexus dan Xperia generasi berikutnya diharapkan akan dibekali kamera depan dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih berkualitas.