Sisi Baik Dan Buruk Layar 2K pada Smartphone

Pada tahun 2014, terjadi revolusi layar smartphone dari resolusi Full HD (1080 x 1920 piksel) menjadi 2K (aka Quad HD) dengan 1440 x 2560 piksel. Beberapa smartphone papan atas yang sudah menggunakan layar 2K pada saat itu adalah Oppo Find 7 dan LG G3. Nah, apa sisi baik dan buruk penggunaan layar 2K pada smartphone? Mari kita cari tahu bersama.

Layar 2K

Layar Quad HD – berbagai keunggulan yang kalian nikmati

Faktor utama di balik kelahiran layar beresolusi Quad HD adalah untuk meningkatkan kualitas layar dari aspek sudut pandang, kecerahan, ketajaman, dan kejernihan. Layar tersebut akan menghasilkan tampilan menarik dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang lebih baik untuk membaca huruf serta melihat foto dan video. Layar beresolusi Quad HD juga menampilkan gambar yang lebih jelas di tempat yang terang. Lebih lanjut, layar tersebut juga dapat menampilkan gambar dengan warna yang lebih nyata dan lebih jernih. Kalian juga dapat melihat tampilan sebuah situs seperti kalian melihatnya pada layar PC.

Berikutnya, jarak pandang juga menjadi salah satu keunggulan lain dari layar Quad HD. Gambar yang tampil pada layar Quad HD terlihat lebih dekat dibandingkan pada layar dengan resolusi yang lebih rendah. Gambar tersebut juga terlihat lebih nyata dan jernih.

Layar 2K

Layar Quad HD – Sisi buruk yang kalian jumpai

Sisi buruk smartphone dengan layar beresolusi 2K adalah terkait harga dan energi. Untuk para konsumen yang sangat peduli dengan harga smartphone yang dibelinya, smartphone berlayar 2K bukanlah pilihan yang tepat. Ya, harga smartphone berlayar 2K masih cukup mahal karena layar tersebut masih menjadi salah satu spesifikasi terbaik pada smartphone papan atas. Berikutnya, layar dengan resolusi yang tinggi tentu membutuhkan energi yang lebih banyak. Sebagai akibatnya, baterai smartphone akan lebih cepat habis dibandingkan smartphone yang memiliki layar dengan resolusi yang lebih rendah.

Sebagai kesimpulan, para konsumen dapat memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan, mencari smartphone dengan layar berkualitas baik atau baterai yang dapat bertahan lama. Seperti yang kami sebutkan di atas, layar 2K masih lebih banyak digunakan oleh smartphone papan atas. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, resolusi layar tidak hanya berhenti pada Quad HD. Smartphone dengan layar beresolusi 4K sudah mulai hadir, salah satunya adalah Sony Xperia Z5 Premium. Ya, dalam beberapa bulan mendatang, diyakini layar 2K juga akan mulai dibekali pada smartphone kelas menengah.