Oppo F3 Plus vs Sony Xperia XA1 Ultra: Kamera 23 MP + Baterai 4000 mAh

Oppo F3 Plus vs Sony Xperia XA1 Ultra adalah dua smartphone besar yang hadir dengan berbagai spesifikasi menarik yang pastinya disukai oleh pecinta fotografi. Namun, di antara keduanya, mana yang lebih unggul?

OPPO-F3-Plus-1
Oppo F3 Plus vs Sony Xperia XA1 Ultra – Spesifikasi

Baik Oppo F3 Plus maupun Sony Xperia XA1 Ultra hadir dengan layar 6 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Hal ini yang menjadi alasan mengapa kita menyebutnya sebagai dua smartphone berukuran besar. Keduanya dibekali berbagai spesifikasi menawan. Dalam hal performa, Oppo F3 Plus diperkuat chipset Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz, sedangkan pesaingnya diperkuat chipset Helio P20 octa-coore 2,3 GHz. Meskipun berbeda, kedua chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB.

Untuk menyimpan data, Oppo F3 Plus menawarkan memori internal 64 GB saja, sedangkan pesaingnya hadir dengan memori internal 32 GB dan 64 GB. Menariknya, kedua smartphone ini dilengkapi slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya. Bagaimana dengan kemampuan fotografinya? Kamera utama Oppo F3 Plus beresolusi 16 MP dengan sensor Sony IMX398 dan diafragma f/1.7, sedangkan kamera utama Xperia XA1 Ultra beresolusi 23 MP (f/2.0). Untuk memotret foto selfie, keduanya dilengkapi kamera depan 16 MP (f/2.0). Namun, kamera depan 16 MP pada F3 Plus ditemani oleh kamera 8 MP. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh. Namun, kamera tunggal 16 MP pada Xperia XA1 Ultra didukung LED flash, sehingga foto selfie kalian terlihat lebih terang.

Oppo F3 Plus vs Sony Xperia XA1 Ultra

Menariknya, Sony Xperia XA1 Ultra sudah menjalankan Android 7.0 Nougat, sedangkan Oppo F3 Plus masih menjalankan Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka ColorOS 3.0. Nah, dua hal terakhir ini tampaknya akan menentukan siapa yang lebih unggul. Di antara keduanya, hanya Oppo F3 Plus yang dibekali pemindai sidik jari. Selain itu, Oppo F3 Plus ditenagai baterai 4000 mAh, jauh lebih besar dari baterai pesaingnya yang berkapasitas 2700 mAh saja. Ya, baterai dengan kapasitas di bawah 3000 mAh tampaknya tidak cukup untuk mendukung penggunaan satu hari penuh saat ini, apalagi untuk smartphone dengan layar 6 inci.

Oppo F3 Plus vs Sony Xperia XA1 Ultra – Harga

Oppo F3 Plus sudah dapat dipesan oleh para konsumen. D Indonesia, harga smartphone ini adalah Rp 6,5 juta. Sayangnya, harga Sony Xperia XA1 Ultra masih belum diketahui, namun diprediksi lebih dari $400 atau Rp 5,5 juta. Menrut kami, Oppo F3 Plus kali ini berhasil mengalahkan smartphone Sony tersebut karena memiliki pemindai sidik jari, baterai lebih besar, serta kemampuan fotografi yang cukup baik. Di sisi lain, meskipun Sony Xperia XA1 Ultra juga memiliki kamera berkualitas, namun ketiadaan pemindai siidk jari dan kapasitas baterai yang kurang besar mungkin menjadi sisi negatif yang krusial. Bagaimana pendapat kalian?

oppo-f3-plus-9