Nokia P1 vs Nokia C1: Dua Calon Monster Nokia

Nokia P1 vs Nokia C1, perang dua smartphone yang memiliki angka 1 pada namanya. Keduanya sempat dirumorkan sebagai calon smartphone premium Nokia yang akan lahir pada tahun ini. Nah, kira-kira, bila keduanya hadir bersamaan, mana yang lebih unggul?

Nokia P1 vs Nokia C1: Dua Calon Monster Nokia

Mari kita kembali ke akhir tahun 2016. Saat itu, wujud sebuah smartphone bernama Nokia C1 beredar di internet dan memukau banyak orang. Satu bulan kemudian, giliran Nokia P1 terungkap. Kedua smartphone ini sebenarnya dinantikan oleh pecinta si raksasa karena keduanya membawa berbagai spesifikasi menawan. Pada artikel ini, mari kita bandingkan keduanya. Pertama terkait layar. Nokia P1 kabarnya akan memiliki layar 5,3 inci Full HD. Di sisi lain, informasi layar Nokia C1 masih belum diketahui.

Dalam hal performa, keduanya diperkuat chipset Snapdragon 835. Namun, performa Nokia P1 sedikit lebih lancar berkat RAM 6 GB, sedangkan Nokia C1 dibekali RAM 4 GB. Untuk keperluan menyimpan data, Nokia P1 menawarkan dua pilihan memori internal, 128 GB dan 256 GB. Di sisi lain, Nokia C1 terdiri dari tiga varian. Hanya varian tertinggi yang dibekali ROM 128 GB, sedangkan memori internal dua varian lainnya berkapaasitas 32 GB dan 64 GB.

Beralih ke sektor fotografi. Kamera utama Nokia P1 kabarnya beresolusi 22,6 MP, sedangkan belum ada informasi terkait kamera depannya. Di sisi lain, Nokia C1 memiliki dua kamera pada bagian belakangnya, terdiri dari sensor 12 MP dan 16 MP yang didukung tiga LED flash. Sementara itu, untuk berfoto selfie, terdapat kamera 5 MP pada bagian depannya. Lebih lanjut, terkait sumber energi, Nokia P1 kabarnya akan ditenagai baterai 3500 mAh, sedangkan baterai Nokia C1 berkapasitas 3210 mAh. Nah, ada tiga hal yang dapat kita temukan pada keduanya yaitu Android 7 Nougat versi terbaru, pemindai sidik jari, serta audio jack 3,5 mm.

Nokia P1 vs Nokia C1 – Perang dua saudara

Dengan berbagai spesifikasi mutakhir di atas, keduanya akan saling bertarung ketat untuk merebut minat konsumen yang menginginkan smartphone premium berkualitas. Sayangnya, hingga saat ini, belum ada perkembangan terbaru apakah keduanya menjadi calon smartphone papan atas yang akan diperkenalkan Nokia pada tahun ini. Bila keduanya menjadi kenyataan, mana yang akan kalian pilih, Nokia P1 atau Nokia C1?