Mengapa Harga iPhone Sangat Mahal?

Kita semua mengetahui bahwa harga iPhone jauh lebih mahal dari smartphone lainnya dengan spesifikasi yang hampir sama. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa harganya sangat mahal. Apakah perlu kita miliki? Baca artikel ini untuk mengetahui alasannya.

iphone-price

Faktor di balik harga iPhone yang mahal

Kami yakin para penggemar Android sering berpikir iPhone hanya untuk orang-orang kaya yang hanya ingin memamerkan diri. Kami sebenarnya tidak setuju dengan hal tersebut. Harga iPhone sebenarnya sudah mencakup berbagai fasilitas pendukung, seperti Apple App Store, iMessage, FaceTime, iCloud, iTune, dan banyak lagi. Kalian pasti berpikir Android juga menawarkan hal yang sama. Namun, sebelum berbagai fasilitas penndukung Android hadir, fasilitas pendukung iPhone telah hadir terlebih dahulu selama 4 tahun. iPhone akan dengan otomatis menyimpan data-data ke iCloud. Bila terjadi masalah dengan iPhone, penggunanya dapat mengambil kembali data-datanya melalui iCloud.

Kedua, harga iPhone yang sangat mahal tidak hanya termasuk smartphone saja tetapi juga asuransi software. iOS 10, sistem operasi terbaru dari Apple, berlaku untuk semua perangkat Apple secara langsung dan dalam waktu singkat. Di sisi lain, pengguna Android harus menunggu berbulan-bulan agar dapat memperbaharui smartphone miliknya ke sistem operasi terbaru. Sebagai contoh, Google merilis Android 4.4 Kitkat pada Oktober 2013, namun HTC perlu menunggu empat bulan untuk menikmati sistem operasi tersebut pada HTC M7. Hal yang sama terjadi pada Asus yang perlu menunggu 10 bulan untuk dapat membekali Android 4.4 Kitkat pada Fonepad Note 6, hampir satu tahun.

iphone-price-2-e1469000418814

Ketiga, harga iPhone mahal karena Apple memproduksi sendiri sistem operasi dan hardware. Di sisi lain, para produsen smartphone Android dapat menjual smartphone-nya dengan harga yang lebih murah karena Google menawarkan sistem operasinya dengan gratis. Lebih lanjut, Google menawarkan berbagai layanannya juga secara gratis, sehingga produsen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Sementara itu, Apple memiliki tim pengembang sendiri untuk membuat software, membangun serta memelihara infrastruktur dan tenaga kerja untuk mendukung pelayanannya kepada konsumen.

Apakah harga mahal membuat iPhone lebih baik dari Android?

Jawabannya adalah tidak. Baik Android maupun iPhone memiliki sisi baik dan buruk masing-masing. Semuanya bergantung pada apa yang kalian perlukann dari sebuah smartphone dan apakah kalian dapat membelinya. Namun, tidak terlalu merugikan bila kalian menghabiskan uang banyak untuk membeli iPhone atau produk Apple lainnya.