Hal-hal yang Telah Kita Ketahui Tentang OnePlus Two 2015

Sudah lebih dari satu tahun yang lalu, OnePlus secara resmi meluncurkan smartphone pertamanya yang diberi nama OnePlus One. Meskipun baru memproduksi dan meluncurkan satu smartphone hingga saat ini, OnePlus meraih banyak kesuksesan dengan OnePlus One yang dibekali spek yang berkualitas tinggi namun ditawarkan dengan harga yang tidak mahal. Dengan kesuksesan smartphone generasi pertama tersebut, kini para konsumen menunggu kehadiran smartphone generasi kedua dari OnePlus yang bernama OnePlus Two 2015.

oneplus

Setelah mengumumkan bahwa OnePlus Two akan secara resmi dirilis pada tanggal 27 Juli 2015, Tim dari OnePlus kemudian mengadakan beberapa kegiatan untuk para konsumennya, seperti Photo Mania dan Your OnePlus Story. Mereka juga memberikan bocoran informasi terkait spek dari OnePlus Two yang menjadikan para konsumennya semakin penasaran dengan smartphone terbaru tersebut.

Setelah kita mengetahui berbagai informasi seputar OnePlus Two, maka pada artikel ini kami akan merangkum beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang smartphone tersebut.

oneplus

13. Bersambung…

12. Dual SIM

Sebuah gambar menunjukkan dua SIM card dan sebuah logo Wi-Fi di antara kedua SIM card tersebut. Hal ini memberikan sinyal bahwa OnePlus Two akan didukung slot untuk 2 SIM card dan kemungkinan besar juga tersedia slot untuk microSD card.

sim

11. Kamera 13 MP dengan laser focus

Seorang bernama Marques Brownlee yang tampil pada channel YouTube MKBHD mengulas spesifikasi sebuah kamera dari smartphone OnePlus Two. Sebelumnya kita pernah menyebutkan kamera utama dari OnePlus Two akan beresolusi 13 MP yang dilengkapi fitur laser focus dan fast speed focus. Pada video tersebut, disebutkan lensa kamera tersebut memiliki titik focus 2,0. Hal ini sedikit mengecewakan banyak orang karena sebagian besar lensa kamera utama smartphone saat ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan titik focus 1,8.

10. Bodi dari bahan logam

op

CEO dari OnePlus, Pete Lau, pernah menulis sebuah kalimat di Weibo yang mempertanyakan pendapat orang-orang mengenai smartphone dengan bodi terbuat dari bahan logam. Hal ini sedikit mengindikasikan bahwa bagian luar dari OnePlus Two akan terbuat dari logam, berbeda dengan OnePlus One yang tampilan luarnya berdesain Sandstone Black dan Silk White. Keputusan tersebut tentu akan menggembirakan untuk sebagian orang, namun tidak untuk mereka yang lebih menyukai tampilan luar dari OnePlus One.

9. Harga OnePlus Two

CEO OnePlus menyatakan OnePlus Two akan dijual dengan harga tidak lebih dari $450 (sekitar Rp 6 juta)), namun lebih mahal dari OnePlus One. Sebagian orang menganggap harga tersebut cukup wajar karena OnePlus Two dibekali spesifikasi yang telah diperbaharui dari model sebelumnya, namun sebagian orang berpendapat harga tersebut cukup mahal. Kami memperkirakan OnePlus Two akan ditawarkan mulai dari Rp 5,3 juta sampai Rp 6 juta.

8. Casing yang dapat diganti

OnePlus Two akan hadir dengan lima desain casing yang berbeda, termasuk desain bercorak bamboo dan kayu.

7. TIGA varian berbeda untuk kawasan yang berbeda

Meskipun merupakan produk China, namun OnePlus Two bisa ditemukan di beberapa pasar smartphone internasional. Mereka menyatakan bahwa smartphone tersebut akan tersedia dalam 3 varian untuk 3 kawasan yang berbeda yaitu China, Amerika Utara, dan Eropa/Asia. Lebih lanjut, OnePlus juga telah memberikan informasi terkait fitur konektivitas dari ketiga varian tersebut.

US:

  • GSM: 850, 900, 1800, 1900MHz
  • WCDMA: Bands: 1/2/4/5/8
  • FDD-LTE: Bands: 1/2/4/5/7/8/12/17

Europe:

  • GSM: 850, 900, 1800, 1900MHz
  • WCDMA: Bands: 1/2/5/8
  • FDD-LTE: Bands: 1/3/5/7/8/20

6. USB Port Type-C

OnePlus Two akan dilengkapi USB Port type-C yang dapat direversibel dan mempunyai performa yang cukup tangguh. Namun demikian, kami belum mengetahui apakah USB port tersebut adalah USB 2.0, 3.0, atau 3.1 seperti ZUK Z1.

5. Sensor fingerprint

Sensor berbentuk fisik untuk pemindai sidik jari juga akan melengkapi fitur dari OnePlus Two. Fitur ini bukanlah fitur baru karena mayoritas smartphone terbaru saat ini sudah dilengkapi sensor pemindai sidik jari. Namun OnePlus mengklaim sensor fingerprint yang ada pada OnePlus Two akan menjadi sensor yang tercepat dan hal ini tentu membuat banyak orang penasaran. Sensor tersebut kemungkinan merupakan teknologi baru atau hasil pengembangan dari teknologi sensor sebelumnya.

4. Baterai

OnePlus Two akan dibekali baterai berkapasitas 3300 mA, lebih besar dari baterai OnePlus One yang berdaya 3100 mAh. Kapasitas baterai tersebut tidak terlalu besar karena saat ini sudah tersedia baterai smartphone yang berdaya hingga 6000 mAh.

3. Ukuran

Meskipun belum dikonfirmasi secara resmi, namun tampaknya OnePlus Two memiliki dimensi yang lebih kecil daripada OnePlus One. Hal ini diketahui dari pernyataan dari OnePlus melalui AMA (Ask Me Anything) pada halaman Reddit. Ada sebuah gambar yang hanya menyebutkan “yang ini OnePlus One, yang itu OnePlus Two”.

size

Kami memperkirakan OnePlus akan merancang sebuah smartphone yang nyaman dan mudah digenggam dengan satu tangan. Kita nantikan apakah OnePlus akan menggunakan layar berukuran 5,5 inci atau lebih kecil.

2. RAM

OnePlus One menggunakan RAM 3 GB, sedangkan OnePlus Two diharapkan akan dibekali RAM 4 GB. Akhirnya, OnePlus membuat pernyataan bahwa OnePlus Two akan dibekali RAM 4 GB LPDDR4.

1. Prosesor

OnePlus Two 2015 dikabarkan akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 v2.1 generasi ketiga. Ketika kabar tersebut, banyak orang yang merasa kecewa karena prosesor tersebut sebelumnya sudah menimbulkan masalah overheating pada banyak smartphone. Namun demikian, OnePlus meyakinkan bahwa Snapdragon 810 generasi ketiga tidak akan mengalami masalah overheating.

 

Selain informasi di atas, masih ada spek lainnya dari OnePlus Two yang hingga saat ini masih belum diketahui, seperti kapasitas memori internal, slot untuk microSD card, resolusi kamera, ukuran dan resolusi layar, bahan casing, dan lain-lain. Kita hanya bisa menemukan jawabannya pada acara peluncuran OnePlus Two nanti.