Asus Zenfone 3 Ultra vs Sony Xperia XZ: Perang Kamera 23 MP

Asus Zenfone 3 Ultra vs Sony Xperia XZ adalah salah satu smartphone andalan dari tiap raksasa asal Taiwan vs Sony. Keduanya memiliki desain dan spesifikasi yang menawan. Namun, mana yang lebih baik?

ZenFone-3-Ultra

Asus Zenfone 3 Ultra vs Sony Xperia XZ – Perang spesifikasi

Layar

Asus Zenfone 3 Ultra berdimensi lebih besar karena memiliki layar 6,8 inci beresolusi Full HD. Sementara itu, Sony Xperia XZ hadir dengan layar 5,2 inci Full HD. Meskipun sama-sama beresolusi Full HD, namun layar Sony Xperia XZ memiliki tingkat densitas yang lebih tinggi dari pesaingnya (424 ppi vs 324 ppi). Tentunya gambar yang ditampilkan lebih jelas.

Chipset dan RAM

Asus Zenfone 3 Ultra diperkuat chipset Snapdragon 652 octa-core 1,8 GHz (chipset untuk smartphone kelas menengah) dipadukan dengan RAM 4 GB. Di sisi lain, Sony Xperia XZ dibekali chipset Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz dan RAM 3 GB. Meskipun dengan RAM lebih kecil, namun performanya lebih tangguh karena chipset yang dimilikinya adalah chipset yang didesain untuk smartphone papan atas.

Media penyimpanan

Untuk keperluan menyimpan data, Asus Zenfone 3 Ultra menawarkan memori internal 64 GB, sedangkan pesaingnya hadir dengan dua pilihan memori internal yaitu 32 GB dan 64 GB. Bila kalian merasa masih belum cukup, kalian masih dapat menambah kapasitas memori internalnya dengan microSD card.

 

Kamera

Kamera tampaknya menjadi aspek yang cukup penting yang perlu diperhatikan dari kedua smartphone ini. Keduanya sama-sama dilengkapi kamera utama 23 MP. Kualitas foto yang dihasilkan tentu sangat kompetitif. Sementara itu, untuk berfoto selfie, Sony Xperia XZ pasti menjadi pilihan kalian semua karena memiliki kamera depan 13 MP, lebih baik dari kamera depan 8 MP pada pesaingnya.

Baterai

Karena berdimensi lebih besar, baterai yang menyuplai energi untuk Asus Zenfone 3 Ultra pun lebih besar dengan kapasitas 4600 mAh. Sementara itu, Sony Xperia XZ ditenagai baterai 2900 mAh, cukup untuk smartphone dengan layar tidak terlalu besar.

Informasi tambahan

Baik Asus Zenfone 3 Ultra maupun Sony Xperia XZ menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Selain itu, keduanya juga dibekali pemindai sidik jari: di bawah kamera utama (Asus) vs padatombol home (Sony). Nah, ada satu hal yang membuat Sony Xperia XZ lebih unggul yaitu fitur kedap air dan debu (IP68).

Sony-Xperia-XZ

Asus Zenfone 3 Ultra vs Sony Xperia XZ – Kesimpulan

Kedua smartphone tersebut memiiki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Asus Zenfone 3 Ultra lebih unggul dalam hal RAM dan baterai, sedangkan pesaingnya pada chipset dan kamera. Untuk membantu kalian memilih, kami sampaikan harga keduanya. Asus Zenfone 3 Ultra ditawarkan dengan harga sekitar $563 (Rp 7,6 juta), sedangkan harga Sony Xperia XZ jauh lebih mahal, sekitar $730 (Rp 10 juta). Nah, smartphone mana yang kalian pilih?