Asus Zenfone 2 vs Samsung Galaxy Note 4

Asus Zenfone 2 vs Samsung Galaxy Note 4

Banyak orang yang terpukau ketika Asus meluncurkan Zenfone 2 pada CES. Smartphone berlayar 5,5 inci tersebut menawarkan banyak spek yang berteknologi tinggi. Pada ulasan kali ini, kami akan membandingkan Asus Zenfone 2 vs Samsung Galaxy Note 4. Zenfone 2 mengusung layar 5,5 inci, sedangkan Galaxy Note 4 mengusung layar 5,7 inci. Dengan kecanggihan yang dimiliki kedua smartphone tersebut, Galaxy Note 4 ditawarkan dengan harga sekitar 3 kali lipat harga dari Zenfone 2 yang berkisar Rp 2,7 juta sampai Rp 4,7 juta.

main_bg_left

Desain

Kita mulai dari aspek desain. Baik Asus Zenfone 2 maupun Samsung Galaxy Note 4 memiliki dimensi yang hampir sama, namun Zenfone 2 sedikit lebih tebal. Desain Zenfone 2 mengikuti model LG G4 dengan meletakkan tombol pengatur volume suara di bagian belakang smartphone tersebut, di sisi lain Galaxy Note 4 dilengkapi tampilan tombol pengatur volume suara yang lebih sederhana. Rasio perbandingan ukuran layar dan bodi keduanya sedikit berbeda. Zenfone 2 memiliki rasio 72% dengan dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm, sedangkan Galaxy Note 4 memiliki rasio 74% dengan dimensi yang hamper sama.

Dilihat dari tampilannya, saya tidak bisa memutuskan mana yang lebih baik. Keduanya memiliki ukuran dimensi yang cukup besar untuk digenggam dengan satu tangan dan tidak sefleksibel LG G3. Lebih lanjut, keedua smartphone tersebut bisa disebut memiliki desain yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan iPhhone 6 dan HTC One yang memiliki desain lebih menarik. Keputusan ada di tangan Anda untuk memilih di antara Galaxy Note 4 dengan berbalut bahan kulit atau Zenfone 2 dengan bahan logam.

note 4

Layar

Asus Zenfone 2 mengusung layar 5,5 inci Full HD dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Bagian layar telah dilapisi Gorilla Glass 3 serta memiliki densitas 403 ppi. Layar 5,5 inci tampaknya sangat ideal untuk para pengguna smartphone pada 2015. Di sisi lain, layar pada Galaxy Note 4 berukuran 5,7 inci Quad HD 2K AMOLED mengungguli Zenfone 2. Perlu diketahui bahwa kualitas layar Galaxy Note 4 masih menjadi yang terbaik di pasar smartphone saat ini. Dengan perbedaan yang sangat jauh tersebut, Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat jika Anda menginginkan smartphone dengan layar beresolusi 2K.

camera_1

Prosesor dan memori

Asus tetap setia menggunakan prosesor Intel CPU untuk semua produk Zenfone. Prosesor yang ditanamkan pada Zenfone 2 adalah Intel Atom Silicon CPU 64-Bit generasi terbaru. Prosesor Intel Atom Z3580 quad-core CPU 2,3 GHz digunakan untuk mendukung konektivitas LTE. Sedangkan Galaxy Note 4 menggunakan prosesor Intel Atom Z3580 dengan Snapdragon 805 dan Exynos Octa 7 CPU. Dengan demikian, aspek grafis Galaxy Note 4 lebih unggul dari Zenfone 2.

Hal lain yang perlu dicermati dari Zenfone 2 adalah dari spek memori. Untuk varian termurah Zenfone 2 didukung RAM 2 GB, sedang varian termahal didukung RAM 4 GB. Hal ini menjadikan Zenfone 2 sebagai smartphone pertama yang menggunakan RAM 4 GB atau lebih. Zenfone dengan varian RAM 2 GB tidak menutup kemungkinan bisa menandingi Galaxy Note 4 dengan RAM 3 GB. Sebagai contoh, Meizu MX4 dengan RAM 2 GB dan Mediatek CPU bisa mengungguli nilai performa Antutu dari Galaxy Note 4.

Prosesor Intel Atom yang terdapat pada Asus Zenfone 2 sangat hemat energy dan performanya dapat bersaing dengan Galaxy Note 4.

ZenFone-2-vs-Note-4

Interface

Asus Zenfone 2 menggunakan sistem operasi Android 5,0 Lollipop yang dilengkapi sistem operasi buatan Asus, ZenUI. Ada beberapa fitur yang ditawarkan ZenUI di antaranya ZenMotion dan Snap View. Selain itu, terdapat pula Asus Instant Updates yang sudah digunakan lebih dari 15 juta pengguna produk-produk Asus. Secara umum, ZenUI bukanlah UI yang inovatif, namun kualitasnya dijamin oleh Asus.

Zenfone 2 tampaknya masih sulit menandingi kemampuan multitasking dan productivity dari Samsung GalaxyNote 4 dan fitur Touch Wiz. Jika dibandingkan kemampuan Android dengan Touch Qiz buatan Samsung dengan S-Pen, Galaxy Note 4 Masih tetap unggul di segala hal.

ZenFone-2-vs-Note-4

Kamera

Asus Zenfone 2 dilengkapi kamera utama 13 MP dengan lensa 5 elemen f2,0 yang dilengkapi 2 LED flash serta kamera depan 5 MP dengan sudut lebar 85 derajat.

Samsung-Galaxy-Note-4

Anda dapat membandingkan kualitas gambar dari objek yang sama yang diambil dari kamera Asus Zenfone 2 vs Samsung Galaxy Note 4. Hasilnya cukup mengejutkan. Pada kondisi cahaya redup, kamera dengan Pixel Master pada Zenfone 2 ternyata mengungguli Galaxy Note 4. Asus menyebutkan teknologi Pixel Master mampu memberikan cahaya hingga 400% pada objek. Namun, kedua smartphone tersebut sama-sama memiliki kualitas kamera yang baik.

 

Kapasitas baterai

Kapasitas baterai juga merupakan aspek yang cukup penting dari sebuah smartphone. Samsung Galaxy Note memiliki baterai berkapasitas 3220 mAh yang lebih besar dari Zenfone 2 yang hanya 3000 mAh. Hal ini diperlukan untuk mendukung performa smartphone dengan layar 5,7 inci Quad HD 2K. Namun demikian, keduanya dilengkapi charger dengan teknologi pengisian ulang yang cepat.

 

Asus Zenfone 2 vs Samsung Galaxy Note 4

Kita telah mengulas perbandingan smartphone Asus Zenfone 2 yang ditawarkan mulai dari Rp 2,7 juta dengan Samsung Galaxy Note 4 dengan harga Rp 9,3 juta ke atas. Secara umum, Asus Zenfone 2 tidak mampu mengungguli Samsung Galaxy Note 4 dengan layar berteknologi tinggi, kamera OIS, serta S-Pen. Jika hal-hal tersebut tidaklah terlalu penting bagi Anda, Anda cukup membeli Asus Zenfone 2. Dengan harga yang lebih murah, Andaa sudah bisa mendapatkan smartphone dengan performa yang lebih baik pada beberapa aspek jika dibandingkan dengan smartphone dengan harga 3 kali lebih mahal tersebut. Saya yakin Anda juga memiliki pemikiran yang sama.